Monday, December 30, 2013

Cara Convert .apk Android Jadi .bar BB10

Untuk anda developer android dan ingin memasuki marketnya BB10 anda bisa meng-convert apk android anda menjadi file dengan ekstensi .bar BB10, selanjutnya anda bisa upload file .bar tersebut ke apps market-nya blackberry.



Untuk convert file apk android menjadi file bar bb10 ada 2 macam cara yaitu dengan menggunakan plugin eclipse dan menggunakan command line tool. Installer converter baik yang plugin maupun command line tool bisa anda dapatkan disini https://developer.blackberry.com/android/tools/. Link tersebut sudah dilengkapi dengan tutorial, namun meskipun begitu akan saya jabarkan lebih dalam di artikel ini bagaimana cara convertnya.

Di artikel ini yang ingin saya bahas adalah bagaimana convert apk android menjadi bar bb10 dengan menggunakan command-line tools. Kenapa hanya yang command line tools? kok tidak menjabarkan yang menggunakan plugin eclipse sekalian? simple, karena sewaktu install plugin eclipse untuk convert apk menjadi bar selalu error dan sampai sekarang belum tau cara solving-nya bagaimana :D

Untuk anda yang ingin menggunakan eclipse plugin untuk melakukan converting bisa melihat video di bawah ini. caranya sudah cukup jelas dijabarkan melalui video youtube ini.



Sedangkan jika anda ingin meng-convert menggunakan command line tools, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama, silahkan anda download converternya dari link yang tadi sudah saya sebutkan diatas https://developer.blackberry.com/android/downloads/fetch/CommandLineTools_2.0.1.Beta.zip.

  2. Extract zip hasil download diatas.

  3. buka command prompt dan pindah ke directory dimana anda meng-extract file zip hasil download tadi. Contoh:
    cd D:\software\BB10\apk to bar converter\CommandLineTools_2.0.1.Beta\bin


  4. Execute command berikut ini:
    blackberry-apkpackager -gui


  5. cara convert apk jadi bar

  6. Pastikan anda check option "Sign", isikan semua field yang diminta terutama account blackberry anda.

No comments:

Post a Comment