Monday, December 30, 2013

Cara Filter Unique Value Dengan Excel

Berikut ini adalah cara untuk melakukan filter unique value dengan menggunakan microsoft excel. Sebelumnya perlu kita samakan persepsi dulu apa yang saya maksud dengan unique value diatas. Misalkan anda punya data banyak sekali misalnya ID, dalam kasus ini data saya adalah kode asin amazon. Yang mana saya punya ribuan list daftar kode asin amazon, ada beberapa kode asin yang tertulis double, dan saya hanya ingin kode yang tertulis 2x atau lebih tersebut hanya muncul sekali saja, sehingga tidak terjadi duplikat. Bagaimana caranya?



Anda bisa memanfaatkan fitur filter yang disediakan oleh excel. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

cara memfilter data menggunakan microsoft excel

  1. Select kolom yang ingin anda filter datanya

  2. Pada tab "data" pilih advanced pada menu "sort & filter"

  3. Kemudian check opsi "unique records only" dan ok


Hasilnya hanya data yang unik saja yang dimunculkan, dalam kasus saya sebanyak 3000 kode asin ternyata hanya 17 kode asin saja yang unik. Dari sini anda bisa bayangkan kalau 3000 asin tersebut saya proses semua, grab konten dari amazon sebanyak 3000 kali yang sebetulnya hanya butuh grab 17x, belum duplikat konten yang jumlahnya bisa ribuan. Sangat tidak sekali untuk SEO.

 

No comments:

Post a Comment