Thursday, April 3, 2014

Membuat Marquee TextView Pada Android

Salah satu keterbatasan smartphone adalah layarnya yang relatif sempit, meskipun saat ini sudah mulai banyak smartphone yang memiliki layar lebar. Layar sempit ini terkadang membatasi kita sebagai developer untuk membuat interface dengan text yang panjang, misalnya judul. Terkadang judul aplikasi sering hanya tampil setengah saja, dan terpaksa kita buat judulnya menjadi seringkas mungkin. Hal seperti tersebut bisa diakali dengan menggunakan fitur marquee selayaknya pada html, yang mana text akan berjalan dari kanan ke kiri jika panjangnya melebihi lebar layar. Berikut ini caranya.



4-3-2014 10-28-23 AM

 

Seperti pada gambar di atas judul aplikasinya sebenarnya adalah "Jannette McCurdy FansApp" namun terpotong FansApp nya karena terlalu panjang melebihi layar smartphone. Anda bisa memodifikasi textview nya dengan menambahkan properti di bawah ini agar text pada textview anda bisa berjalan dari kanan ke kiri.

 

 

android:ellipsize="marquee"
android:singleLine="true"


Cukup dengan menambahkan properti di atas pada file xml anda.

Kemudian satu lagi hal yang sangat crusial, anda harus menambahkan code di bawah ini juga di file .java anda.

textView.setSelected(true);


Sekarang coba anda jalankan lagi app anda maka text pada textview anda yang panjang sekarang bisa bergerak dari kanan ke kiri.

No comments:

Post a Comment