Monday, March 7, 2016

jurnal 9: mencoba peruntungan di Teespring dengan fbAds

jurnal ini untuk menindaklanjuti wejangan dari mastah eka bagus nurdiansyah pamungkas mengenai penghasilan alternatif online melalui teespring. yang belum tahu silahkan lihat tutorialnya di sini https://www.facebook.com/notes/eka-bagus-nurdiansyah-pamungkas/jualan-kaos-ebnp-ways/10153355746400808. Di tutorial tersebut untuk promosinya menggunakan fbAds namun sayang untuk fbAds nya penjabaranya masih kurang mendetail untuk split testnya. Nah saya mau mengkombinasikan ilmu split testing dari mastah rianto astono, silahkan lihat di sini https://www.facebook.com/notes/rianto-astono/split-testing-101/646442705503024.


Nah masalahnya saya belum akan eksekusi sekarang, masih belum puas bikin jurnal AGC mumpung masih work. Jurnal ini saya buat biar gak lupa saja sekalian buat nge save tutorialnya disini sapa tau nanti tutorialnya dihapus sama pemiliknya sewaktu-waktu saya sudah punya backupnya hehe...

adapung tutorialnya saya save dulu di bawah ini. maaf ya mastah, artikel ente ane kopas.. :D

Jualan Kaos (EBNP Ways)


Bismillah..
Kali ini saya akan membahas tentang berjualan kaos, kaos disini maksudnya baju kaos (t-shirt) walaupun nanti diplatformnya tersedia bukan hanya tshirt, tetapi ada juga hoodie, mugs, topi, kalung, dll. Banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis online, jualan kaos ini hanya salah satu cara saja. kenapa memilih jualan kaos? siapa yang ga punya kaos? hampir semua orang punya dan pakai kaos. Mungkin sudah banyak yang tahu konsep jualannya seperti apa tapi saya akan jelaskan sekilas bagi yang belum tahu. Secara singkat begini, dalam berjualan kaos ini kita tidak perlu punya pabrik kaos, tidak perlu menyiapkan payment gateway, tidak perlu modal untuk produksi dll karena banyak platform yang menyediakannya (nanti dibahas) jadi tugas kita adalah: 1> membuat design , 2>memasarkan design kaos yg kita buat 3> Terima pembayaran kalo kaos nya laku.
  • Darimana seller mendapatkan profit?
Kita mendapatkan profit dari selisih basecost dan harga kaos ; harga kaos ini bebas kita mark up.. misalkan basecostnya 7 usd kita jual 20 usd, berarti profit kita adalah 13 usd per kaos.
  • Darimana website atau platform itu mendapatkan profit?
mereka menetapkan basecost yang tentunya sudah mengambil profit dari basecost itu, misalkan basecost 7 usd tapi modalnya bisa jadi hanya 3 usd jadi mereka dapet profit 4 usd per kaos.
  • Bagaimana cara mereka membayar seller?
Ada banyak metode pembayaran tapi yang standar biasanya mereka meggunakan paypal, ada juga yg menggunakan wire transfer jadi bisa langsung masuk rekening diindonesia.
penjelasan lengkap ada dimasing-masing website biasanya mereka menyertakan penjelasan dalam bentuk tulisan dan ada juga video dan juga lengkap dengan Faq dan Q&A .
Ada banyak website atau platform tempat jualan kaos dengan sistem yang sebutkan diatas, saya sebutkan beberapa:
  • Teespring.com
  • Fabrily.com (merged with teespring)
  • Teezily.com
  • Teechip.com
  • Represent.com
  • Viralstyle.com
  • Gearbubble.com
Silahkan daftar pada salah satu website diatas..
Bagaimana cara memilih design kaos yang laku?
Saat saya pertama kali mencoba untuk berjualan kaos saya tidak dipusingkan dengan memikirkan niche tertentu. apa yang saya lakukan adalah ATM (Amati, Tiru, M (Mainkan atau Modifikasi) ada sangat banyak campaign yang sukses dan bisa ditiru dan dimodifikasi.
Cara tercepat untuk mencapai sukses apapun adalah dengan cara modelling (mengidentifikasi dan menduplikasi ).
Hal ini berlaku tidak hanya dalam hal meniru keahlian tertentu tapi bisa diaplikasikan saat kita membuat campaign untuk kaos atau apapun produknya! ini akan menghemat banyak waktu dan budget. kalau anda idealis ga mau nyontek design yang sudah laku banyak dan maunya bikin design original silahkan saja , silahkan... tapi saya ga akan bahas cara membaca trend di google trend untuk riset, cara menemukan ide kaos dari profesi dll kalo itu sudah banyak yang membahas. Cara yang akan saya bahas adalah bagaimana “mencontek” design dan menentukan target yang tepat dengan FB ads, dan kenapa saya menyebutnya cara ini adalah cara yang simple. saat saya bilang mencontek jangan berfikiran meniru 100% design orang lain karena itu namanya plagiat dan kalo ketauan bisa repot tapi cobalah untuk memodifikasi, misalkan rubah font hurufnya, rubah warnanya, atau modifikasi gambarnya atau buat lebih bagus dari design aslinya. oiya, perlu tau juga saya ga bisa design jadi jangan jadikan alasan kalo anda ga bisa design terus ga mau memulai. kalo ga bisa design ada banyak web penyedia jasa design. langsung saja kita bahas langkahnya-langkahnya:
  • Step 1 (Spying)
Kita perlu tau dan riset campaign yang sukses dan design yang bagus, ada beberapa website yang gratis ataupun berbayar yang bisa kita gunakan untuk mengintip campaign itu, saya tidak akan jelaskan satu per satu nanti bisa dilihat langsung .
1. teescover.com (free)
bisa keliatan campaign yg active dan bisa juga difilter berdasarkan jumlah yang terjual berdasarkan periode waktu tertentu









2.http://teeview.phatograph.com/ (free) => sekarang off web nya ga tau kapan On lagi
3. teespy.com (berbayar)
4. facebook.com (search berdasarkan kata kunci/gunakan graph search) (free)
5. teegrasp.com (berbayar)
6. pinterest.com(free)

Kalo berbayar saya lebih suka menggunakan teegrasp.com, cukup lengkap tidak hanya mengintip campaign teespring saja, tapi dari berbagai platform. untuk yang free biasanya saya menggunakan pinterest. caranya begini:
nama website bisa diganti2 sesuaikan dengan website mana yang akan kita intip, cara ini bukan hanya untuk campaign kaos saja tapi marketplace apapun yang akan kita riset bisa gunakan cara ini.
contoh kita akan riset campaign yg ada di teespring, ketik dibrowser : pinterest.com/source/teespring.com
nanti akan muncul campaign yang ada di teespring , buka satu per satu dan lihat kapan campaign itu mulai aktif dan sudah terjual berapa.








kalo saya meniru design pastinya yang sudah terjual lebih dari 100 dan campaignnya tidak lebih dari 1 bulan, kecuali untuk design yang memiliki target audience di facebook memiliki jutaan audience lebih dari 1 bulan usia campaign tidak masalah untuk ditiru karena biasanya belum saturated. setelah mendapat design yang akan ditiru langkah selanjutnya adalah...
Untuk mencari ide design bisa juga cari di Amazon.com, ebay.com, cafepress.com, etsy.com, zazzle.com, spreadshirt.com daaan masih banyak lagi, googling aja :)

  • Step 2 (Redesign)
Kalo designnya mudah untuk dimodifikasi saya akan memodifikasinya sendiri tapi kalo sulit dan kebetulan saya ga bisa design biasanya saya cari jasa design di fiverr.com dengan 5 dollar udah bisa dapet jasa design, cari jasa design difiverr yang rating dan pelayanannya bagus. ada banyak designer di fivver orang indonesia jg banyak. biasanya saya bilang begini ke designernya “tolong buatin yang lebih bagus dari design ini” atau kalo kita sudah punya konsep sendiri bisa bikin design yg mirip ataupun memodifikasi bagian tertentu dari design yang tadi didapat. atau kalo anda punya rujukan sendiri untuk jasa design misalkan di upwork, freelancer dll ada banyak website penyedia jasa design atau kalo sudah menghasilkan dan punya budget lebih bisa hire designer sendiri . Setelah design jadi, kemudian upload di web yang mau dipromosikan bisa di teespring, teechip, viralstyle dll

  • Step 3 (Promosi)
Langkah selanjutnya adalah mempromosikannya di faceboook menggunakan Facebook Ads. untuk langkah ini akan langsung saya contohkan dengan campaign yang pernah saya buat jadi nanti lebih mudah memahaminya karena langsung case study.

***
Case Study
Studi Kasus Pertama, Setelah melakukan riset (step1) dan design (step 2) saya mendapatkan sebuah campaign kaos yang laku (terjual ribuan kaos) kemudian saya coba untuk menirunya. di kaos itu hanya ada tulisan “Papa The Man The myth The Legend” dan campaign semacam itu ada banyak sekali tetapi tidak semua sukses, ada yang laku ribuan ada yang zonk. dari tulisannya kaos itu ditujukan untuk PAPA atau kalo di US biasanya panggilan untuk Kakek.
> Iklankan di fb ads
Saya anggap yang baca case study ini pernah menjalankan fb ads karena kalau saya harus jelaskan basicnya akan sangat panjaaang.








Ada 10 objective pada fb ads yang paling sering digunakan adalah PE (Post Engagement / Boost your post) yang ke 2 adalah CTW (Click To Website / Send people to your website) mana yang akan digunakan? mana saja boleh! senyamannya aja, karena pada tiap-tiap pengiklan berbeda-beda ada yang lebih “beruntung” saat menggunakan PE ada juga yang “beruntung” saat menggunakan CTW. tetapi kalo teman-teman sudah berpengalaman di fb ads biasanya bisa menggunakan keduanya. Setelah memilih CTW atau PE kita akan bahas mengenai targeting campaign kaos “Papa The Man The myth The Legend”.
PENTING DICATAT: penentuan targeting ini sangat penting dan kreatiflah memilih target audience jangan terpatok pada aturan baku. contohnya gini: mungkin saat teman-teman memilih target audience untuk campaign ini “Papa The Man The myth The Legend” dimana target marketnya adalah kakek-kakek. berarti kalo mau aman di fb ads yaitu pilih laki-laki usia 60thn keatas. kemudian iklankan.. Apakah produknya laku? ya bisa jadi. saya pun pernah terjebak pada pikiran sempit seperti itu tapi campaignnya ga begitu sukses hanya mendapatkan ROI 100%. tetapi saat saya rubah target audiencenya untuk Wanita usia 30 tahun s/d 45tahun dan di adcopynya dirubah “beliin buat kakek kamu<= (pake bahasa inggris tentunya )” Roi nya meningkat berkali-kali lipat sampai 700%.. Ingat orang beli kaos bukan hanya untuk dirinya tapi bisa juga untuk hadiah apalagi kaos yang bertema “Family”.
TIPS: dalam penentuan Interest untuk tema-tema yang sangat spesifik pilihlah interest fb ads yang juga spesifik, atau kalau istilah kerennya Laser Targeted. contohnya gini, kalo kaosnya untuk “Dogs Owner” pilih target marketnya Dogs Owner juga, jangan Dogs Lover! faham ya maksudnya? ok lanjut...
Studi Kasus kedua: saya menjual kaos yang bertema tahun kelahiran, campaign seperti ini sangat “ngena” banget. ok saya kasih lihat design yg pernah saya buat dan masih hot tentang umur. saya ga ngerti kenapa kaos seperti ini laku saya aja kalo dikasi ga mau pake tapi orang bule (USA) suka.








Target audiencenya apa?
“Made in 1965” berarti kalo campaign tahun 2016 adalah orang-orang yang usianya 51 tahun
di fb ads kan bisa target usia , target aja usia 51 tahun, udah itu aja!
Kita lihat campaign yang ini laku berapa, saya kasih tanda panah merah (kalo yang atasnya itu campaign yg “Papa The Man The myth The Legend” ) Dan variasi dari umur ada banyaak, saya coba buat design “Made in 1950” , “Made in 1951” , “Made in 1952” , “Made in 1953” , “Made in 1954” dan masih banyak lagi.. apakah laku juga? sama laku juga dan ROI nya minimal 400%.








Contoh Ad Copy (Searching di fb ada banyaaaak) saya cuma kasih contoh 1








Contoh Targeting campaign Umur “Made in 1965”








Dalam berjualan kaos menggunakan FB ads atau apapun produknya, ad image dan ad copy memang penting tapi yang ga kalah penting adalah penentuan Targeting, dan usahakan fokus pada 1 niche jangan pindah-pindah niche kalo belum berhasil. kenapa diatas saya bilang kalo saya ga terlalu memperhatikan niche yg penting laku dan saya memilih memberikan contoh yang bersifat niche general? karena lebih mudah untuk newbie sekalipun, seperti niche family untuk targeting relatif lebih mudah. tetapi tidak membatasi teman-teman yang ingin mencoba berbagai niche, silahkan.. .
Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan manfaat... saran saya gabung juga digroup2 d fb atau forum yang membahas tentang cara berjualan kaos ini. ada banyak kok, supaya pengetahuannya berkembang .
Cara yang saya sampaikan adalah dari yang sudah saya lakukan dan menghasilkan bukan cuma teori dan Alhamdulillah dari cara yang simple itu sudah banyak yang berhasil jg, ga perlu saya Screen Shoot testimoninya, buat apa..

Good Luck :)








============================================
Notes: Banyak (pake banget) yang minta saya untuk mengadakan Workshop atau membuka mentoring dan bersedia membayar, saya tegaskan untuk saat ini saya lebih suka membagikan ilmu saya secara gratis dengan tulisan atau webinar, urusan akan ada yang berhasil atau nggak dengan cara seperti ini (Tapi Alhamdulillah banyak yang berhasil) itu bukan urusan saya, kewajiban dan keharusan saya adalah sharing apa yang sudah Alloh percayakan kepada saya berupa ilmu. Tapi saya tidak anti dengan yang mengadakan webinar berbayar atau ws berbayar atau mentoring berbayar, silahkan saja selama bertanggung jawab.
sedangkan untuk tutorial split testnya ini

Split Testing 101


Jika Anda pernah melihat video atau screenshot FB Ads yang diperlihatkan para suhu FB ads dengan campaign yang luar biasa banyak dan panjang kayak kereta api tut tut tut, jangan dulu heran dan berpikir aneh-aneh, apalagi menganggap mereka punya hubungan dengan pegawai PJKA :v
Mostly, biasanya bukan karena suhu tersebut banyak bener promosiin produk, melainkan patut diduga sebetulnya produknya yang diiklankan itu cuma sedikit (kadang cuma 1 atau 2) dengan campaign yang banyak.
Mengapa harus ada banyak campaign untuk 1 produk? dan apakah itu namanya?
Jawabannya mudah : SPLIT TESTING.







Split Testing 101

Apa itu SPLIT TESTING?

Split testing yang juga sering disebut sebagai A/B testing adalah sebuah metode untuk mengorganisasi dan bereksperimen dengan berbagai model serta variabel campaign dengan tujuan untuk mendapatkan formula ideal dari sebuah marketing (landing page, email marketing, paid ads, termasuk FB Ads).
Split testing yang direncanakan dan dikonsep dengan baik akan memberikan dampak besar pada efektivitas sebuah promosi dan marketing online.
Sederhananya, Anda bisa running 2 jenis promosi dengan materi yang berbeda dan dengan mudah mengetahui siapakah pemenang dari kedua jenis promosi tersebut dengan melihat hasil akhirnya.
Dan 2 adalah angka paling minimal untuk melakukan split testing. Pada penerapannya, kita bisa membuat split testing hingga puluhan bahkan ratusan jumlahnya.







A/B Testing

Darimana memulai SPLIT TESTING?

Untuk memulai split testing, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah jenis tes apa yang akan dilakukan. Variabel tes bisa macam-macam, meliputi : – Landing page – Copywriting – Image material – Audience (interest dan data demografis)

Mengapa harus melakukan SPLIT TESTING?

Hanya dengan menjalankan SPLIT TESTING, kita akan bisa memperoleh data real dari respon target marketing. Tanpa tes, kita hanya bisa mengira-ngira dan biasanya perkiraan ini keliru karena melibatkan faktor emosional dan hal-hal lain yang sangat subjektif.

Contoh SPLIT TESTING

Sebelum membahas lebih lanjut, berikut saya berikan contoh bagaimana cara kerja split testing supaya Anda dapat melihatnya lebih jelas :
Misal, si anu menjalankan kampanye jualan obat jerawat. Maka, ia melakukan split testing pada target audience dengan interest yang berbeda : 1. Interest A 2. Interest B 3. Interest C
Setelah campaign jalan, si anu akan secara mudah mengetahui iklan mana yang memberikan konversi terbesar dari ketiga campaign diatas. Si anu juga akan secara mudah mengetahui iklan mana yang mendatangkan kerugian.
Selanjutnya, si anu dapat melakukan kontrol terhadap ketiga campaign dengan meningkatkan budget (scale up), menurunkan budget (scale down) atau membunuhnya (scale out).
Bayangkan jika si anu menjalankan satu campagn dengan interest A, B dan C sekaligus. Dijamin si anu tak akan pernah tahu interest mana yang lebih menguntungkan dan lebih merugikan.
Masuk akal? :v

Split Testing FB Ads

Nah, jika Anda menjalankan FB Ads, maka SPLIT Testing WAJIB dilakukan karena tak hanya akan meningkatkan konversi tetapi juga sangat mudah dilakukan. Secara default, FB Ads mendukung Split testing dengan jumlah Ad set tak terhingga untuk satu campaign.
Berikut contoh skema split test FB Ads :







FB Ads Split Testing

Penjelasannya :
Pada skema diatas, Anda dapat melihat sebuah campaign yang menggunakan 3 gambar yang masing-masing divariasikan dalam 3 ads title dengan 5 target interest.
Hasilnya cuma 45 variasi split test saja :v
Meski terlihat ruwet dan sangat menyita waktu, percayalah proses membuat campaign tersebut akan terasa menyenangkan dan pada akhirnya memberikan timbal balik yang sepadan.
Tentu, jika Anda baru baru belajar maka Anda bisa memulai dengan 2 atau 3 split test saja dulu.

Catatan tambahan :

– Dari ratusan hingga ribuan variable yang dapat digunakan untuk split testing di FB Ads, yang termudah adalah split test berdasarkan interest dan copyads (image dan text). Maka, jika Anda beginner, mulailah dari variabel tersebut dan jangan terlalu pusing memikirkan yang lainnya. – Untuk menemukan winning ads, patokan paling utama tentu saja ROI, konversi dan CTR. – Split testing membutuhkan waktu dan biaya. Artinya Anda membutuhkan waktu untuk riset dan biaya untuk spend pada ads yang tidak menguntungkan. – Jangan buru-buru ‘membunuh’ campaign yang Anda pikir tidak menguntungkan karena iklan butuh ‘panas’ dulu sebelum berjalan efektif. Jangan pula buru-buru menaikkan budget pada campaign yang Anda pikir menguntungkan karena bisa jadi itu hanya keberuntungan di awal saja.
Untuk anak kita memang tidak boleh coba-coba, tapi kalau urusannya beriklan maka kita harus coba-coba :v
Semoga bermanfaat
RA
Info tambahan

- untuk split testing mastah RA budgetnya $5 di running selama 3 hari masing-masing campaign.
-
Ismail Soleh Ini berarti 1 interest per 1 ads set om Rianto Astono?
Ismail Soleh Nah, pertanyaannya :
1. Cara milih interest yg baik gimana om? biar ngga terlalu banyak split testing?

Rianto Astono Cari berdasarkan affinity klo lewat audience insight.
LikeReply3March 3 at 3:07pm
Ismail Soleh Berdasarkan afinity tertinggi ya om Rianto Astono?
Siap om, sudah mulai tercerahkan sekarang. Thanks om
-
Yuzar Riza tanya om :
1. Berapa idealnya budget yg di psg tiap campaign utk kebutuhan split test?
2. Berapa lama waktu maksimal utk menentukan campaign mana yg hrs di scale up, scale down atau di scale 


Rianto Astono 1. $5 per ad set
2. 1-3 hari

Herahadi An makasih om.. berarti 5$ x 45ad x 3hari ya?

Rianto Astono tergantung metode split testing. klo ada 45 adset yg segitu grin emoticon

No comments:

Post a Comment