Friday, April 8, 2016

Membuat Swap File Pada VPS Ubuntu

Membuat atau mengaktifkan swap file ternyata tidak sesusah 5-7 tahun yang lalu. Kalau dulu untuk membuat swap file bisa dengan menggunakan perintah dd dengan menggunakan option-option yang cukup membingungkan jika tidak terbiasa bekerja di system linux. Dulu perintahnya untuk membuat block yang akan dipakai sebagai swap file adalah seperti ini:

sudo dd if=/dev/zero of=/swapfile bs=1G count=4
atau
sudo dd if=/dev/zero of=/swapspace bs=1M count=1000
Anda harus nunggu beberapa menit sampai perintah di atas selesai di eksekusi. Namun sekarang ternyata untuk membuat swap pada linux jauh lebih mudah. Di artikel ini akan saya tuliskan step by step membuat swap file pada sistem operasi ubuntu. Step by step ini saya pakai ketika VPS saya yang di digital ocean perlu saya tambah memorinya namun karena untuk upgrade ke paket yang lebih besar harganya mahal saya coba akalin saja dengan menambahkan swap file. Berikut cara selengkapnya.
1. Buat file di root direktori dan alokasikan space sebesar 4G (biasanya 2 kali dari besar RAM, lebih besar lebih bagus)
sudo fallocate -l 4G /swapfile
2. Ubah file permission-nya menjadi 600
sudo chmod 600 /swapfile
3. Ubah folder /swapfile yang telah dibuat sebelumnya pada langkah 1 menjadi sebuah file swap
sudo mkswap /swapfile
4. Atifkan file swap tersebut
sudo swapon /swapfile
Sampai di situ maka kini ubuntu anda sudah mempunyai file swap sebesar 4G dan telah aktif. Jadi kapan saja server atau vps anda kehabisan memori maka sistem operasi akan menggunakan swap file sebagai memori tambahan.
Untuk mengecek apakah swap file yang kita buat tadi sudah benar-benar aktif atau belum bisa menggunakan perintah seperti ini
sudo swapon -s
Berikut ini adalah screenshot saya waktu membuat file swap untuk vps ubuntu saya di digital ocean.
membuat swap file di vps ubuntu

No comments:

Post a Comment