Friday, April 8, 2016

Solusi Space VPS Cepat Habis

Pertama menggunakan VPS agak kaget juga ketika space terasa cepat sekali habisnya. Menggunakan VPS dengan space 10G dengan menggunakan control panel vestacp yang mana control panel vestacp konon adalah control panel yang palaing light weight (ringan) dan hemat space tapi ternyata space VPS 10G cepat sekali habil. Padahal hanya diinstall 1 website saja. Bagaimana solusinya?
Solusinya adalah tentu saja mencari file apa sebenarnya yang banya memakan space di VPS kita. Untuk mencari file mana yang berukuran besar anda bisa menggunakan perintah berikut ini.


du -h / --max-depth=1
Hasilnya kira-kira seperti ini:
1.3G /usr
8.0K /data
4.0K /mnt
8.0K /media
7.9M /etc
8.0K /srv
16K /lost+found
4.0K /dev
5.5G /home
93M /boot
12M /sbin
687M /var
28K /tmp
649M /lib
9.6M /bin
376K /run
0 /sys
4.0K /opt
4.0K /lib64
Nah dari situ ketahuan folder mana saja yang ukuranya cukup besar. Biasanya vestacp melakukan backup rutin setiap hari dan ini tentu saja memakan banyak space. Selain itu cek juga file-file log error biasanya cukup besar jika VPS anda sering mengalami error.
Setelah perintah di atas gunakan perintah seperti ini untuk men-tracking lebih dalam lagi dari folder-folder di atas.
du -h /home/ --max-depth=1
/home/ bisa anda ganti dengan nama folder yang memakan space paling banyak di VPS anda. Kalau di VPS saya folder setelah saya lakukan perintah di atas ternyata folder /home/backup/ yang memakan banyak sekali space. Setelah ketemu anda bisa menghapus file-file yang memakan banyak space tersebut, tentunya pastikan dulu VPS anda tidak terpengaruh jika anda menghapus file tersebut.

No comments:

Post a Comment