Sunday, January 1, 2017

Target & Plan 2017

Sesuai tag dari blog ini "to keep me still on the track", akan saya buat target & plan untuk tahun 2017 tepat di tahun baru 2017 hari ini di sini supaya lebih terarah lagi dan fokus. Sebenarnya sudah saya mulai dari tahun kemarin dengan membuat jurnal-jurnal untuk setiap kegiatan yang saya lakukan. Tujuanya untuk dokumentasi dan analisa. Namun sayangnya saya masih belum cukup fokus di tahun 2016 kemarin. Masih loncat-loncat kadang ngerjain web, ada yang share olshop ikutan disambi olshop, ada share trick fbad ikutan coba-coba. Di tahun ini insya Allah saya akan berusaha lebih fokus lagi dan lebih terarah. Jadi nanti kalau ada mastah olshop, ada mastah youtube, atau mastah ngepet-ngepet lainnya share trick yang maknyus dan saya mulai tergoda tinggal baca2 lagi postingan ini supaya bisa mengedalikan hawa nafsu :D. Untuk itulah saya buat plan & targetnya di sini supaya tetap di jalan yang lurus hehe....


bersambung... mudik dulu hehe

[5 jan 2017]

oke kita sambung lagi ya setelah sempat tertunda beberapa hari karena mudik, ini baru aja pulang dari mudik tadi malam.

Kilas Balik 2016

Sebelum ke target & plan 2017 ada baiknya kita flash back ke tahun 2016 dulu supaya bisa jadi bahan evaluasi dan pembelajaran untuk plan selanjutnya.

selama 2016 saya sudah bikin sebanyak 43 blog, tidak semuanya berhasil menghasilkan $ sesuai planning awal. Ada yang berhasil, banyak juga yang tidak. Yang paling besar penghasilanya justru AGC yang pertama kali dan masih bertahan sampai sekarang, meskipun trafiknya sudah menurun (bisa baca di jurnal 1).

Dari mulai jurnal 1 sebenarnya sudah saya plan untuk membuat situs dengan target penghasilan 1$/day. Tapi entah kenapa ditengah jalan saya sering belok-belok mengerjakan yang lain. Selain itu juga sibuk dengan pekerjaan offline. yang akhirnya memutuskan untuk memberanikan diri menjadi full time internet marketing scientist untuk yang kedua kali (sebelumnya juga pernah resign dari ZTE Indonesia untuk fokus ke IM, sebelum menikah) pada 10 oktober 2016 kemarin. Jadi sebenarnya dari 43 blog tersebut lebih banyak dibuat setelah tanggal 10 oktober. Nah sekarang di 2017 ini mau benar-benar fokus.Inysa Allah.

Plan & Target 2017

Nah di 2017 ini secara garis besar plan & target saya sederhana, $1/blog/day sebanyak 100 blog. Atau dengan kata lain $100/day. Jadi selama 1 tahun saya akan fokus membuat 100 blog yang menghasilkan minimal $1 per hari per blog. Kalau belum sampai 100 blog sudah terpenuhi 100$ per hari ya alhamdulillah berarti target sudah tercapai. Aamiin...

Kecepatan saya membuat satu blog untuk target $1 per day adalah 2 hari dengan 10k postingan per blognya, kemudian hasilnya bisa dilihat 1-3 bulan kedepan. Itu kalau kondisi sangat rajin ya hehe. Nah di plan ini saya mau realistis saja, kalau 1 tahun ada 360 hari maka dibagi 100 dapatnya 3,6. 3 setengah hari harus sudah bisa terbuat 1 blog. Atau minimal 2 blog dalam 1 minggu.

2 blog dalam 1 minggu, 10k postingan per blog... hemmm, saya rasa cukup masuk akal untuk kemampuan saya.

Penghitungan memenuhi target 1$/day ini adalah jika minimal dalam 1 bulan jika dirata-rata blog tersebut menghasilkan 1$/day.

Saat ini sudah ada 43 blog, dengan 19 blog dipastikan tidak lagi menghasilkan, sisanya ada yang sudah lebih dari 1$/day ada yang masih menunggu hasil. Jadi total masih kurang 76 blog lagi.

Perkiraan Biaya

Nih yang paling pusing nih kalau udah urusan biaya hehe...

Untuk domain saya hanya menggunakan yang .com atau .net saja. 1 domain saya kasih perkiraan budget $14, jadi total untuk domain $14*76 = $1064

Untuk hosting saya akan pakai vultr atau do paket yang paling murah. Dari pengalaman 2016 kemarin 1 instance di vultr ada yang kuat menampung 15 blog dan masih saya tambah terus jumlah blognya (pakai trick penambahan blockstorage). Ambil saja misalnya kuat 20 blog maka untuk 70 blog perlu tambahan  4 vps lagi dengan masing-masing $5 per vps. total untuk vps kurang $20. Untuk vps kan harus bayar per bulan, sedangkan perhitungan di atas hanya biaya awal bulan saja? Tidak masalah, biar gak pusing, biar gampang saja ngitungnya hehe...

Kalau begitu kita bulatkan saja total dana diperlukan untuk accomplish target $100/day ini sekitar $1100.

ok, jadi intinya yang harus saya kerjakan adalah bikin 2 blog/minggu, per blog 10k postingan. itu saja, simple!

oh iya, untuk riset keyword saya akan gunakan semrush, dengan parameter keyword difficulty (KD) untuk pemilihan nama domain <70, pencarian > 700. Parameter masih sementara, bisa berubah nanti ditengah jalan. Parameter sudah direvisi, lihat bawah.

Ok sementara itu dulu ya, udah tanggal 5 nih, minggu pertama tinggal 2 hari lagi belum ada progress hehe... Untuk progress selanjutnya akan saya update di sini atau sambung dijurnal terpisah jika perlu penjabaran lebih detail lagi.

[update]

oh iya, ada yang ketinggalan. Dari 43 blog yang sudah ada, yang mana 19 blog sudah dipastikan mati tersebut sisanya masih ada sekitar 8 blog yang jumlah postingan masih belum 10k post. Jadi minggu ini saya fokus nyelesain 8 blog ini. Syukur-syukur bisa tambah 1 blog baru.

[6 januari 2017]

Akhirnya selesai juga update 8 blog nya. Kemungkinan nambah blog barunya minggu depan.

[10 januari 2017]
Revisi parameter riset keyword


[12 januari 2017]
Target untuk minggu ini sudah terpenuhi, 2 blog. satunya tidak sampai 10k post, hanya mendekati 10k. Karena ternyata dengan parameter riset kw seperti di atas kw yang didapat sangat spesifik dan materinya sulit. Minim sekali referensi yang membahas kw tersebut. Masih ada waktu 3 hari untuk minggu ini jadi saya bisa santai-santai dulu sambil nyari kw buat blog minggu depan.

sejauh ini kendalanya ada di parameter riset keyword yang ternyata menghasilkan keyword yang sangat spesifik tadi sehingga sulit untuk mendapatkan 10k post. Tapi dengan sangat spesifik tadi Insya Allah mudah untuk menduduki page one google.

kendala kedua ada di biaya untuk beli domain tiap bulanya hehe... semoga bisa teratasi sejalan waktu.

[rabu, 18 januari 2017] 

target 2 blog minggu ini sudah terpenuhi, masih ada 4 hari bisa dipakai untuk riset keyword dan maintenance blog lama.

Untuk meningkatkan kefokusan saya coba untuk mengurangi kegiatan facebook, salah satunya dengan uninstall facebook app di smartphone. Tapi maish bisa akses dari desktop sih, semoga bisa menahan diri.Soalnya untuk yang di desktop saya tidak tahu caranya gimana biar gak bisa buka facebook ya? secara akses dari browser kan....

back to topic, status saat ini ada 26 blog active, 21 blog deindex/expired.

[kamis, 19 januari 2017]
Baru tau ternyata semua server saya di vultr yang node nya di new jersey down lebih dari 16 jam. Ternyata ada maintenance node kusus untuk new jersey dan ini mengenai hampir semua website saya. duuhh.... sekarang udah up lagi sih tapi sempat down 16an jam, semoga tidak berpengaruh. 

[senin, 23 januari 2017]
Setelah bikin beberapa blog dengan parameter riset keyword seperti di atas (lihat tanggal 10 januari) saya kok jadi kurang sreg dengan parameter keyword dificulty-nya semrush. Banyak keyword dengan KD rendah ternyata di top 10 SERP backlink-nya gila-gila an.

Karena ragu akhirnya saya cari tahu bagaimana algoritma semrush dalam menentukan keyword dificulty metric nya. Dari beberapa referensi saya menemukan ternyata parameter dalam menentukan KD semruh diambil dari semrush score web yang ada di top 20 serp google. Semrush score sendiri diambil dari beberapa faktor, tetapi faktor yang paling dominan adalah jumlah keyword yang ada di top 100 serp google yang masuk ke web tersebut (lihat di sini).

Penentuan semrush rank tidak melihat seberapa banyak & berkualitasnya backlink dari web tersebut. Penentuan KD juga tidak melihat ada tidaknya exact keyword tersebut di judul atau description SERP, dll. Hanya mengandalkan semrush rank. Jadi kalau saya lihat semakin gado-gado sebuah blog/web maka semrush rank akan semakin besar. Kebalikanya semakin narrow atau niche sebuah web maka semrush rank nya akan semakin kecil. Ini yang fatal menurut saya ketika digunakan untuk menentukan sebuah keyword difficulty.

Lalu bagaimana keyword research selanjutnya? hemm.... sementara saya cari referensi dulu tool apa yang paling akurat dalam menentukan keyword difficulty.

[jumat, 27 januari 2017]

target bulanan untuk januari sudah terpenuhi, 8 blog. 

[kamis, 2 januari 2017 4:06 AM]

Dari pencarian akhirnya saya putuskan untuk pakai ahrefs. Parameter ahrefs menggunakan jumlah backlink rata-rata pada page one google. Ini lebih masuk akal dibanding dengan algoritma semrush menurut saya.

Kemarin baru beli akun ahrefs untuk menggantikan semrush sebagai tool riset keyword. Parameter yang akan saya pakai untuk menentukan keyword dificulty kali ini kurang lebih seperti ini:

1. ahrefs KD: 0-5
2. search volume: >= 100
3. CPC: >= 0.8
sudah itu saja, sebenarnya mau saya tambahin dengan allintitle < 700 tapi sayangnya saya belum menemukan tool yang harganya cukup nyaman di kantong saya saat ini ehehe.

Untuk ahrefs KD saya mengkategorikan menjadi seperti ini

easy: KD = 0-5
medium: KD = 6-10
hard: KD = 11-20
super hard: KD > 20

untuk saat ini saya mau coba yang 0-5 dulu saja, nanti kalau kesulitan mendapatkan KW dengan KD seperti di atas baru saya ambil yang medium.

[jumat, 3 februari 2017 6:50AM]
Setelah riset keyword kemarin sampai hari ini menggunakan ahrefs saya menemukan score KD ahrefs kok tidak sesuai jika dihitung manual ya.

Ada keyword yang score KD nya hanya 3. Kalau menurut panduan ahrefs maka backlink refering domain rata-ratanya di page one seharusnya 3. tetapi setelah saya hitung manual melihat dari serp overview ahrefs saya dapatkan rata-ratanya 90 backlink. Yang berarti nilai KD nya seharunya 50-60. Ini kan jauh sekali perbedaanya.

Untuk perbedaan hitung manual KD ini masih saya tanyakan ke pihak ahrefs nya (pake bahasa ingris ala kadarnya tentunya hehe). Entah dibalas atau tidak ya, semoga saja ada yang membalas.

 

[senin, 6 feb 2017 6:19AM]

Hari ini selesai submit semua blog ke google webmaster, kecuali 4 blog yang sudah menghasilkan rutin daily. Termasuk submit sitemap dan fetch as google. Ada beberapa blog yang gagal di fetch dengan notif unreachable. Kalau saya baca-baca sih ini karena timeout, blognya terlalu lama di load lebih dari 4s. Tapi setelah ganti theme beberapa kali juga masih tetap sama, coba diakses loadnya juga normal gak lambat. Entahlah... mungkin ada yang tahu?

oh iya, untuk progres belum ada tambah blog lagi. Ahref ternyata untuk download keyword idea nya dibatasi 50k row per bulan, padahal 1 blog butuh 10k. dan sudah kehabisan quota hemmm...

[rabu, 15 feb 2017 6:36 AM]

Total sudah 57 blog, 3 blog lagi belum terinstall. total ini termasuk blog-blog yang deindex dan expired.

ada beberapa perubahan strategi yang saya lakukan diantaranya perubahan riset dan cara  build blog. 

Untuk riset saya gunakan ahrefs dan kwfinder, ahrefs saya ambil kw yang keyword difficulty 0 kemudian saya saring lagi dengan kwfinder ambil yang keyword difficultynya di bawah 30.

Untuk cara build blog biasanya selama ini search engine saya allow setelah postingan minimal 10rb atau 5rb kadang-kadang. Tapi sekarang search engine saya allow setelah postingan mencapai 1k kemudian akan saya posting sedikit demi sedikit sampai mencapai 10k sambil build blog selanjutnya. Selain itu juga saya submit ke google webmaster tool, selama ini tidak pernah. 

[kamis, 16 feb 2017 8:43 PM] 
Setelah sebelumnya saya sempat menganalisa tool seo mana yang memberikan estimasi keyword difficulty paling akurat dan kesimpulanya saya harus berganti mulai dari semrush, ahrefs sampai akhirnya terakir pakai kwfinder. Barusan saya melakukan percobaan sederhana untuk mengetahui tool seo yang memberikan nilai cpc paling akurat. Dan ternyata hasilnya juga kwfinder yang paling akurat.

Dengan berdasarkan fakta tersebut maka saya harus mengubah lagi catatan data metric blog-blog saya. Sebelumnya saya pakai data cpc dan volume ambil dari semrush atau ahrefs. Dengan begini ada kemungkinan blog-blog yang sudah saya develope tersebut metric nya akan tidak sesuai dengan parameter riset keyword yang telah saya tetapkan sebelumnya. 

[kamis, 23 feb 2017]
kemarin seharian 1 server overload dan tak terdeteksi. semua web yang ada di server itu loadingnya lama sekali dan akhirnya timeout tidak bisa diakses tapi tidak mati. ini yang menyebabkan tidak sempat terdeteksi. alhasil earning ngedrop banget. semoga tidak sampai terdeteksi sama google ya, tidak sampai pengaruh ke seo nya. 

[sabtu, 25 feb 2017]
cek n ricek hari ini banyak yang kena deindex terutama yang registrar whois.com. tapi tidak semua yang di whois.com kena deindex.

Total dari 60 blog, 30 nya deindex 

[selasa, 14 maret 2017 3:16AM]
Sementara build blog AGC nya pause dulu, kemungkinan sampai habis lebaran karena dana sangat mepet (lebaran banyak kebutuhan pastinya hehe...). Sementara ini sampai lebaran rencananya mau bikin 2 blog saja manual spin pake wordAI. 1 blog large niche, 1 blog lagi trending news ambil materi dari gtrend.

progress saat ini masih ngumpulin keyword dulu dengan kriteria search min 500, cpc 0.7, ppc 80, KD kwfinder <= 29. Sudah dapat 272 keyword dengan kriteria di atas. 

[kamis, 16 maret 2017]
dari update algo google kemarin ada 2 blog utama saya yang kena impact cukup besar, trafik turun sektar 50%. Katanya sih updatenya akan kerasa pada  blog yang terlalu banyak ads. Untuk itu saya mau ngetest mengurangi ads untuk 2 blog ini jadi 1 ads saja. sebelumnya ada 3 ads di satu halaman. Testing saya lakukan di blog no 5 dan blog no 22. 

[rabu, 12 april 2017]
sampai hari ini belum ada tambahan blog lagi, gagal fokus ngerjain proyek Post Generator Pro

[rabu, 17 mei 2017]
wah, lama sekali ternyata saya keluar kehilangan fokus dengan target & plan 2017 ini, 2 bulanan ya belum nambah blog. sibuk ngurusi post generator pro

Tap kemarin alhamdulillah sudah build lagi 1 blog AGC. Tapi kali ini saya berexperiment dengan aged domain.

No comments:

Post a Comment