Wednesday, February 1, 2017

jurnal 16: mengembalikan blog deindex


Di jurnal ini saya akan membuat experiment cara mengembalikan blog deindex. Sebelum masuk ke jurnal biar lebih jelas bagaimana cara tahu blog kita deindex? caranya mudah saja, tinggal ketikan site:namablog.com di google. Kalau tidak ada hasilnya maka artinya blog tersebut deindex.

Setelah baca-baca referensi ada yang bilang untuk mengembalikan blog deindex yaitu dengan cara seperti ini:



  1. Mem-backup blog tersebut melalui Softaculous yang ada di dalam cPanel hosting.
  2. Menghapus blog tersebut / un-install dari Softaculous
  3. Membiarkannya beberapa hari dalam keadaan kosongan tanpa instalasi WordPress
  4. Masuk lagi ke Softaculous, merestore /mengembalikan backup blog tersebut
  5. Login ke Dashboard WordPress, melucuti semua kode iklan yang ada, baik AdSense maupun lainnya
  6. Menginstall plugin Google XML Generator untuk membuat file sitemap.xml secara otomatis
  7. Submit ulang sitemap.xml tersebut ke Google Webmaster Tool
  8. Submit ulang blog tersebut ke beberapa situs Social Bookmarking
  9. Submit ulang ke Feedburner
  10. Tunggu 2 hari, index blog tersebut mulai masuk kembali ke hasil pencarian Google secara perlahan. Awalnya hanya beberapa artikel, lalu tiap hari bertambah terus.
Nah cara di atas akan saya ikuti tetapi dengan beberapa modifikasi disesuaikan dengan kondisi saya.
Saya tidak pakai softaculous maka yang akan saya lakukan menghapus DNS record dari  blog saya di VPS (saya pakai vultr) selama beberapa hari. berapa hari ya enaknya? mungkin akan saya coba 1-2 minggu.

setelah itu DNS record akan saya kembalikan dan submit ulang ke google webmaster.

Oh iya, adapun detail dari blog saya adalah sebagai berikut:
1. monthly search 3600
2. .com
3. belum pernah dimonetize
4. tipe AGC wallpaper
5. register: 08/18/2016
6. tgl search engine crawl allowed: 08/22/2016
7. total postingan 4526
8. entah blog ini sudah pernah/sempat ter-index atau belum saya lupa. tapi trafik tertinggi hanya 8 views/day (views bukan uniqe visitor ya)

Nah, berarti nanti DNS recordnya akan saya kembalikan lagi sekitar tanggal 15 februari 2017. kita lihat saja hasilnya nanti gimana.

[rabu, 15 feb 2017 7:18AM]

Alhamdulillah, sesuai planning hari ini dns record nya saya pasang lagi dan sekaligus submit sitemap ke google webmaster tool dan fetch as google halaman utamanya. Sudah tinggal nunggu hasilnya 2 hari lagi ke index lagi atau gak

[minggu, 19 feb 2017 5:04AM]
hari ini lihat index ternyata masih deindex. sepertinya tidak berhasil ya percobaanya.

[sabtu, 25 feb 2017 5:03 AM]
cek index masih belum terindex juga. coba posting aja sekitar 1837 post sapa tau bis keindex. *masih ngeyel*

No comments:

Post a Comment