Wednesday, March 22, 2017

Seberapa efektifkah blog ter-index dengan submit sitemap ke google webmaster tool

Submit sitemap ke google webmaster tool (gwt) apakah efektif untuk meng-index blog kita ke search engine google? Kalau saya baca referensi-referensi semuanya menganjurkan untku submit ke gwt supaya cepat terindex. benarkah seperti itu?

Saya sendiri tidak terbiasa mengambil kesimpulan tanpa data, dan ini data yang bisa saya kumpulkan. cekidot ya gan...


perlukah submit sitemap ke GWT?
Cara bacanya seperti ini, kolom kiri adalah blog-blog saya yang saya daftarkan ke GWT dan submit sitemap. Sedangkan kolom kanan adalah blog-blog saya yang tidak saya daftarkan ke GWT.

Lalu apa itu persentase-persentase di atas? itu persentase artikel yang terindex. Misalnya di kolom 1 baris 1 nilainya 76%, artinya blog tersebut artikel yang terindex sebanyak 76% dari total postingan.

Setting blog semua sama, hanya artikel saja yang di set supaya terindex google. Category, tag, archive semuanya di set no-index. Semua blog rata-rata jumlah postinganya 10k post.

Nah dari tabel di atas bisa terlihat blog2 yang saya submit ke GWT rata-rata hanya 56.52% saja terindex, sedangkan blog yang tidak saya submit ke GWT rata-rata 108.83% terindex.

PERTINYIIINYI...... kok bisa lebih dari 100%, bahkan ada yang 211% itu gimana?

good question, itu artikel-artikel yang sebelumnya sudah terindex ke google kemudian saya hapus.

Nah, sekarang bisa ambil kesimpulan apakah harus submit ke GWT atau tidak kalau tujuanya biar artikel kita terindex. oh ya, blog-blog di atas semuanya AGC.

No comments:

Post a Comment